Minggu, 27 November 2011

CONTOH PARAGRAF

1.       Paragraf analogi
Nasibnya bagaikan makan buah simalakama. Jika ia makan buah itu, ayahny akan mati. Namun, jika ia tidak makan buah itu, ibunya akan mati. Ia sangat mencintai kedua orangtuanya. Ia bingung, ia tak tahu harus berbuat apa.
2.       Paragraf analisis
Indonesia terbagi menjadi 2 musim. Musim kemarau dan musim hujan. Hujan terjadi akibat adanya perbedaan tekanan udara dipermukaan bumi. Hal ini menyebabkan air yang ada di bumi, menguap dan membentuk awan di langit. Awan berkumpul semakin banyak, lalau turun menjadi hujan.
3.       Paragraf definisi luas
Rumah adalah tempat berteduh bagi manusia. Rumah adalah kebutuhan primer yang harus dipenuhi manusia. Namun, di zaman modern ini, rumah bukan hanya sebagai tempat berteduh. Rumah juaga menunjukkan identitas pemilik rumah. Jika rumah itu besar, pastilah pemiliknya orang besar. Sebaliknya, jika rumah tersebut kecil, pemiliknya kebanyakan adalah orang biasa.
4.       Paragraf contoh
Teknologi canggih sangat beragam dizaman ini. Namun, tidak semua teknologi dapat berkembang dengan baik di indonesia. Contonya saja teknologi transportasi Indonesia. Indonesia pernah beberapa kali mencoba menerapkan teknologi transprtasi. Namun, hasilnya lebih banyak gagal daripada berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar